Kamis, 21 Desember 2017

makalah pendidikan dan pelatihan

Pendidikan, Pelatihan dan Pendidikan untuk semua

DOSEN PEMBIMBING:
NADAR S.pd, M.pd
OLEH :
JUWITA RANDAN
NIA
YENNI

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO
2017/2018




KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan hidayahnya saya dapat menyelesaikan tugas makalah pengetahuan computer. Saya menyadari bahwa dalam tugas makalah ini jauh dari sempurna, baik dari segi bahasan, ataupun penulisannya. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun, khususnya dari dosen pembimbing guna menjadi acuan dalam bekal pengalaman bagi saya untuk lebih baik di masa yang akandatang.
  
Palopo, 21 Desember 2017

Juwita Randan
   
DAFTAR ISI
SAMPUL ........................................................................................................................... i
KATA PENGANTAR........................................................................................................ ii
DAFTAR ISI ..................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................................. 1
A. Latar Belakang............................................................................................................... 1
B. Rumusan Masalah........................................................................................................... 1
C. Tujuan Penulisan............................................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN................................................................................................... 3
A.    Pengertian Pendidikan dan Pelatihan...................................................................... 3
B.     Perbedaan Pendidikan dan Pelatihan...................................................................... 3
C.     Tujuan Pendidikan dan Pelatihan............................................................................ 3
D.    Prinsip-Prinsip Pendidikan dan Pelatihan................................................................ 3
E.     Fungsi  Pendidikan dan Pelatihan........................................................................... 4
F.      Manfaat  Pendidikan dan Pelatihan........................................................................ 4-5
G.    Jenis-Jenis  Pendidikan dan Pelatihan..................................................................... 5
H.     Pendidikan Untuk Semua....................................................................................... 5-6
BAB III PENUTUP............................................................................................................ 7
A.    Kesimpulan.............................................................................................................. 7
B.     Saran ....................................................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................................... 8
  
BAB 1
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Peningkatan kualitas, efektifitas dan efisiensi tidak hanya tergantung pada teknologi mesin-mesin modern, modal yang cukup dan adanya bahan baku yang bermutu saja. Namun semua faktor tersebut tidak akan terjadi apa-apa tanpa adanya dukungan dari sumber daya manusia yang baik dan bisa mengembangkan kemampuan dan keahlian mereka serta dapat menunjukkannya dalam peningkatan grafik produktivitas kerja.
Menguraikan sumber daya manusia, tidak lepas dari manajemen sumber daya manusia itu sendiri. Manajemen sumber daya manusia merupakan aktivitas-aktivitas atau kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan agar sumber daya manusia di dalam organisasi dapat digunakan untuk mencapai tujuan. Salah satu hal yang kongkrit untuk mendorong peningkatan produktivitas sumber daya manusia adalah pendidikan dan pelatihan agar mampu mengemban tugas dan pekerjaan dengan sebaik mungkin.
Pekerjaan yang dilakukan dengan tingkat pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan isi kerja akan mendorong kemajuan setiap usaha yang pada gilirannya akan juga meningkatkan pendapatan, baik pendapatan perorangan, kelompok maupun pendapatan nasional. Dengan program pelatihan yang efektif dan efisien, maka kemampuan yang diperoleh melalui pendidikan formal dan pendidikan non formal yang dimiliki karyawan akan turut meningkatkan kemampuan dan pengusaha akan pekerjaannya yang pada akhirnya berdampak pada produktivitas kerja yang baik.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan pendidikan dan pelatihan?
2.      Apa perbedaan pendidikan dengan pelatihan?
3.      Apa tujuan dari pendidikan dan pelatihan?
4.      Apa saja prinsip-prinsip pendidikan dan pelatihan?
5.      Apakah fungsi dari pendidikan dan pelatihan?
6.      Apakah manfaat dari pendidikan dan pelatihan?
7.      Apa saja jenis-jenis pendidikan dan pelatihan?
8.      Apa saja kendala dalam pendidikan untuk semua di Indonesia?

C.     Tujuan Penulisan
1.      Kita dapat mengetahui apa yang di maksud dari pendidikan dan pelatihan.
2.      Kita dapat mengetahui perbedaan pendidikan dan pelatihan.
3.      Kita dapat mengetahui tujuan pendidikan dan pelatihan.
4.      Kita dapat mengetahui prinsip-prinsip pendidikan dan pelatihan.
5.      Kita dapat mengetahui fungsi pendidikan dan pelatihan.
6.      Kita dapat mengetahui manfaat pendidikan dan pelatihan.
7.      Kita dapat mengetahui jenis-jenis pendidikan dan pelatihan.
8.      Kita dapat mengetahui kendala-kendala pendidikan untuk semua, di Indonesia.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Pendidikan dan Pelatihan
Pendidikan adalah usaha sistematik yang disengajakan, yang dibuat oleh suatu masyarakat untuk menyampaikan pengetahuan, nilai, sikap dan kemahiran kepada ahlinya, usaha memperkembangkan potensi individu dan perubahan yang berlaku dalam diri manusia. Pelatihan merupakan suatu kegiatan dalam maksud untuk memperbaiki dan mengembangkan keterampilan, sikap, tingakah laku dan pengetahuan setiap orang.

B.     Perbedaan pendidikan dan pelatihan
Menurut Minner (1992) menyebut bahwa pendidikan lebih terkait dengan tujuan-tujuan yang bersifat individual dan tidak terkait langsung dengan tujuan organisasi, sedangkan pelatihan pada dasarnya berhubungan dengan peran khusus individu dalam organisasi. Pelatihan ditunjukkan untuk membantu individu agar berhasil menampilkan kinerjanya dalam suatu pekerjaan tertentu dan berawal dari kebutuhan dalam suatu pekerjaan yang akan di lakukan. Jadi, pendidikan lebih mengarah pada pengetahuan dan terkait dengan kehidupan pribadi ,sedangkan pelatihan mengarah pada keterampilan seseorang.

C.     Tujuan Pendidikan dan Pelatihan
Pendidikan dan pelatihan bertujuan untuk dapat memecahkan masalah-masalah perilaku dalam organisasi yang meliputi masalah pengetahuan, keterampilan, motivasi,sikap serta meningkatkan kopetensi para pesertanya terkait dengan tugas-tugas dan pekerjaan yang akan di pertanggung jawabkan kepada mereka. Menurut pasal 9 Undang-undang ketenagakerjaan tahun 2003, pendidikan dan pelatihan kerja di selenggarakan dan diarahkan untuk membekali, meningkatkan dan mengembangkan kopetensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktivitas dan kesejahteraan.

D.     Prinsip-Prinsip Pendidikan dan Pelatihan
   Beberapa prinsip-prinsip dalam pendidikan dan pelatihan antara lain :
1.      Perbedaan individu
2.      Analisis jabatan
3.      Motivasi
4.      Partisipasi aktif
5.      Seleksi peserta pelatihan
6.      Seleksi pengajar
7.      Metode pelatihan
8.      Asas belajar

E.     Fungsi Pendidikan dan Pelatihan
Fungsi Pendidikan dan Pelatihan yaitu :
1.      Memperbaiki kinerja para peserta.
2.      Mempersiapkan promosi ketenagakerjaan pada jabatan yang lebih rumit dan sulit.
3.      Mempersiapkan tenaga kerja pada jabatan yang lebih tinggi yaitu tingkatan kepengawasan.
4.      Dapat membantu karyawan membuat keputusan yang lebih baik.
5.      Meningkatkan kemampuan di bidang kerjanya sehingga dapat menambah rasa percaya diri.
6.      Sebagai proses penumbuhan intelektualitas sehingga kecemasan menghadapi perubahan di masa-masa mendatang dapat di kurangi.

F.      Manfaat pendidikan dan pelatihan
Manfaat pendidikan dan pelatihan dapat dikelompokkan menjadi :
1.      Manfaat dari organisasi
a.       Peningkatan produktivitas kerja organisasi sebagai keseluruhan antara lain karena tidak terjadinya pemborosan tetapi kecermatan melaksanakan tugas.
b.      Terwujudnya hubungan yang akrab antara atasan dan bawaan yang saling menghargai dan adanya kesempatan bagi bawahan untuk berfikir dan bertindak secara baik.
c.       Terjadinya proses pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat.
d.      Meningkatkan semangat kerja keseluruhan pegawai dalam organisasi dengan komitmen organisasi yang lebih tinggi.
e.       Mendorong sikap keterbukaan manajemen, penerapan gaya pengurus yang partisipatif.
f.       Memperlancar komunikasi.
g.      penyelesaiaan konflik secara kekeluargaan dikalangan para anggota organisasi.

2.      Manfaat Bagi Individu
a.       Menolong para pegawai membuat keputusan dengan baik.
b.      Meningkatkan kemampuan para pegawai menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapinya.
c.       Timbulnya dorongan di dalam diri para pegawai untuk terus meningkatkan kemampuan kerjanya.
d.      Peningkatan kemampuan pegawai untuk mengatasi konflik yang pada gilirannya memperbesar rasa percaya diri.
e.       Tersedianya informasi tentang berbagai program yang dapat dimanfaatkan oleh para pegawai.
f.       Meningkatkan kepuasan kerja
g.      Semakin besarnya tekat pegawai untuk lebih mandiri.
h.      Mengurangi ketakutan menghadapi tugas-tugas baru di masa depan.

3.      Manfaat Bagi Kelompok Kerja
a.       Terjadinya proses komunikasi yang baik.
b.      Ketaatan semua pihak terhadap berbagai ketentuan yang bersifat normal, berlaku umum, dan di tetapkan oleh pemerintah yang berwenang maupun yang berlaku khusus dilingkungan seluruh pegawai.
c.       Terjadinya iklim yang baik bagi pertumbuhan seluruh pegawai.
d.      Menjadikan organisasi sebagai tempat yang lebih menyenangkan untuk berkarya.

G.    Jenis-Jenis Pendidikan Dan Pelatihan
Adapun jenis-jenis pendidikan dan pelatihan antara lain:
1.      Diklat kepemimpinan
Diklat kepemimpinan adalah diklat dengan sasaran utama untuk meningkatkan karir guna memangku suatu jabatan fungsi atau pangkat tertentu secara bertahap dan meningkatkan keterampilan manajemen kepemimpinan serta kemampuan menciptakan metode-metode baru.
2.      Diklat Fungsional
Diklat fungsional adalah diklat yang ditunjukkan untuk menunjang mengembangkan keahlian atau keterampilan kerja dan dititik beratkan pada perubahan pola kerja, dan cara kerja.
3.      Diklat Teknis
Diklat teknis merupakan persyaratan kopetensi teknis yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas pegawai atau karyawan.

H.    Pendidikan Untuk Semua
CIVIL SOCIETY OGANIZATIONS initiative EDUCATION for ALL (CSOiEFA) adalah organisasi sipil yang peduli akan pentingnya pendidikan untuk semua, terutama untuk perempuan dan anak-anak perempuan lebih dari 40 tahun yang lalu, bangsa-bangsa di dunia, berbicara melalui Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, menegaskan bahwa : “ setiap orang memiliki hak untuk pendidikan “.
Meskipun Negara-negara di seluruh dunia untuk menjamin hak pendidikan untuk semua, tetapi masih saja di temukan kendala.Pada tanggal 5-9 Maret 1990 di Jomtien Thailand, 115 negara dan 150 organisasi saling bertemu dan menegadakan Konferensi Dunia membahas EDUCATION FOR ALL ( EFA)atau Pendidikan Untuk Semua ( PUS).
Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, perlu koalisi yang luas dari pemerintah nasional, masyarakat sipil kelompok, dan lembaga pembangunan seperti UNESCO dan Bank Dunia. Mereka berkomitmen untuk mencapai enam tujuan pendidikan yaitu :

1.      Memperluas dan meningkatkan perawatan anak usia dini terutama bagi anak-anak yang kurang beruntung.
2.      Memastikan bahwa pada 2015 semua anak, khusunya anak perempuan, yang dalam keadaan sulit,dan mereka yang termasuk etnik minoritas, memiliki akses lengkap dan bebas ke wajib pendidikan dasar yang berkualitas baik.
3.      Memastikan bahwa kebutuhan belajar semua pemuda dan dewasa di penuhi melalui akses yang adil untuk pembelajaran yang tepat dan program keterampilan hidup.
4.      Mencapai 50% peningkatan dalam orang dewasa pada tahun 2015, khususnya bagi perempua, dan akses ke pendidikan dasar dan pendidikan berkelanjutan bagi semua orang dewasa secara adil.
5.      Menghilangkan perbedaan pada pendidikan dasar dan menegah pada tahun 2005, dan mencapai kesetaraan dalam pendidikan dengan tahun 2015, dengan fokus pada perempuan bahwa mereka dipastikan mendapat akses penuh dan samakedalam pendidikan dasar dengan kualitas yang bai.
6.      Meningkatkan semua aspek kualitas pendidikan dan menjamin keunggulan semua sehingga diakui dan diukur hasil pembelajaran yang dicapai oleh semua, khususnya dalam kehidupan.

   Pendidikan Untuk Semua di Indonesia
Indonesia telah mengalami kemajuan dibidang pendidikan dasar dalam 20 tahun terakhir ini. Terbukti rasio bersih anak usia 7-12 tahun yang bersekolah mencapai 94%. Tetapi indonesia tetap belum berhasil memberikan jaminan hak atas pendidikan bagi semua anak. Apalagi, masih banyak masalah yang harus dihadapi, masalah tersebut antara lain :
1.      Anak yang putus sekolah diperkirakan masih ada dua juta anak.
2.      Kualifikasi guru yang masih kurang.
3.      Metode pengajaran yang tidak efektif yaitu masih berorientasi kepada guru dan anak didik tidak beri kesempatan memahami sendiri.
4.      Manajemen sekolah yang buruk.
5.      Kurangnya keterlibatan masyarakat.
6.      Kurangnya akses pengembangan dan pembelajaran usia dini bagi sebagian besar anak usia 3 sampai 6 tahun terutama anak-anak yang tinggal di pedalaman dan pedesaan.
7.      anggaran dari pemerintah daerah dan pusat yang tidak memadai.
8.      Biaya pendidikan yang tinggi.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Pendidikan dan pelatihan merupakan proses sistematis untuk meningkatkan, pengembangan,dan         membentuk pegawai mempelajari pengetahuan, keterampilan,kemampuan,  atau perilaku terhadap tujuan pribadi dan organisasi sehingga tercipta sumber daya manusia yang berkualitas.

B.     Saran
1.      Materi yang diberikan pada saat pendidikan dan pelatihan harus sesuai dengan tujuan organisasi, sehingga masalah-masalah pekerjaan tidak ada lagi.
2.      Parapeserta yang mengikuti pendidikan dan pelatihan diharapkan mampu menunjukkan perilaku yang baik sesuai dengan perilaku yang diharapkan oleh organisasi.


                                                     DAFTAR PUSTAKA
  
Irwandi Hutban.2013.Pendidikan dan Pelatihan
Muchlisin Riadi.2012.Perbedaan Pendidikan dan Pelatihan


2 komentar:

  1. Casino Site 2021 – Play at the Online Casino That Will Bring
    We'll provide information and information 안전 카지노 사이트 about the top casino sites and brands on the internet for you to consider. In this article, you will see what they are, and we'll

    BalasHapus
  2. Borgata Hotel Casino & Spa Archives | DRMCD
    Borgata Hotel Casino & Spa 구리 출장안마 (formerly Borgata Hotel 포항 출장안마 Casino & Spa) 창원 출장마사지 in Atlantic City 여수 출장안마 is a global leader in MGM Resorts logo | MGM Resorts. 천안 출장샵

    BalasHapus