“Pendidikan, Pelatihan dan Pendidikan untuk semua“
DOSEN PEMBIMBING:
NADAR S.pd, M.pd
OLEH
:
JUWITA RANDAN
NIA
YENNI
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO
2017/2018
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur saya panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan hidayahnya
saya dapat menyelesaikan tugas makalah pengetahuan computer. Saya menyadari
bahwa dalam tugas makalah ini jauh dari sempurna, baik dari segi bahasan,
ataupun penulisannya. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang
sifatnya membangun, khususnya dari dosen pembimbing guna menjadi acuan dalam
bekal pengalaman bagi saya untuk lebih baik di masa yang akandatang.
Palopo, 21 Desember 2017
Juwita Randan
DAFTAR ISI
SAMPUL ........................................................................................................................... i
KATA PENGANTAR........................................................................................................ ii
DAFTAR ISI ..................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................................. 1
A. Latar Belakang............................................................................................................... 1
B. Rumusan Masalah........................................................................................................... 1
C. Tujuan Penulisan............................................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN................................................................................................... 3
A. Pengertian Pendidikan dan Pelatihan...................................................................... 3
B. Perbedaan Pendidikan dan Pelatihan...................................................................... 3
C. Tujuan Pendidikan dan Pelatihan............................................................................ 3
D. Prinsip-Prinsip Pendidikan dan
Pelatihan................................................................ 3
E. Fungsi Pendidikan dan Pelatihan........................................................................... 4
F. Manfaat Pendidikan dan Pelatihan........................................................................ 4-5
G. Jenis-Jenis Pendidikan dan Pelatihan..................................................................... 5
H. Pendidikan Untuk Semua....................................................................................... 5-6
BAB III PENUTUP............................................................................................................ 7
A. Kesimpulan.............................................................................................................. 7
B. Saran ....................................................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................................... 8
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Peningkatan
kualitas, efektifitas dan efisiensi tidak hanya tergantung pada teknologi
mesin-mesin modern, modal yang cukup dan adanya bahan baku yang bermutu saja.
Namun semua faktor tersebut tidak akan terjadi apa-apa tanpa adanya dukungan dari
sumber daya manusia yang baik dan bisa mengembangkan kemampuan dan keahlian
mereka serta dapat menunjukkannya dalam peningkatan grafik produktivitas kerja.
Menguraikan
sumber daya manusia, tidak lepas dari manajemen sumber daya manusia itu
sendiri. Manajemen sumber daya manusia merupakan aktivitas-aktivitas atau
kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan agar sumber daya manusia di dalam
organisasi dapat digunakan untuk mencapai tujuan. Salah satu hal yang kongkrit
untuk mendorong peningkatan produktivitas sumber daya manusia adalah pendidikan
dan pelatihan agar mampu mengemban tugas dan pekerjaan dengan sebaik mungkin.
Pekerjaan
yang dilakukan dengan tingkat pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan isi
kerja akan mendorong kemajuan setiap usaha yang pada gilirannya akan juga meningkatkan
pendapatan, baik pendapatan perorangan, kelompok maupun pendapatan nasional.
Dengan program pelatihan yang efektif dan efisien, maka kemampuan yang
diperoleh melalui pendidikan formal dan pendidikan non formal yang dimiliki
karyawan akan turut meningkatkan kemampuan dan pengusaha akan pekerjaannya yang
pada akhirnya berdampak pada produktivitas kerja yang baik.
B. Rumusan
Masalah
1. Apa
yang dimaksud dengan pendidikan dan pelatihan?
2. Apa
perbedaan pendidikan dengan pelatihan?
3. Apa
tujuan dari pendidikan dan pelatihan?
4. Apa
saja prinsip-prinsip pendidikan dan pelatihan?
5. Apakah
fungsi dari pendidikan dan pelatihan?
6. Apakah
manfaat dari pendidikan dan pelatihan?
7. Apa
saja jenis-jenis pendidikan dan pelatihan?
8. Apa
saja kendala dalam pendidikan untuk semua di Indonesia?
C. Tujuan
Penulisan
1. Kita
dapat mengetahui apa yang di maksud dari pendidikan dan pelatihan.
2. Kita
dapat mengetahui perbedaan pendidikan dan pelatihan.
3. Kita
dapat mengetahui tujuan pendidikan dan pelatihan.
4. Kita
dapat mengetahui prinsip-prinsip pendidikan dan pelatihan.
5. Kita
dapat mengetahui fungsi pendidikan dan pelatihan.
6. Kita
dapat mengetahui manfaat pendidikan dan pelatihan.
7. Kita
dapat mengetahui jenis-jenis pendidikan dan pelatihan.
8. Kita
dapat mengetahui kendala-kendala pendidikan untuk semua, di Indonesia.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Pendidikan dan Pelatihan
Pendidikan
adalah usaha sistematik yang disengajakan, yang dibuat oleh suatu masyarakat
untuk menyampaikan pengetahuan, nilai, sikap dan kemahiran kepada ahlinya,
usaha memperkembangkan potensi individu dan perubahan yang berlaku dalam diri
manusia. Pelatihan merupakan suatu kegiatan dalam maksud untuk memperbaiki dan
mengembangkan keterampilan, sikap, tingakah laku dan pengetahuan setiap orang.
B. Perbedaan
pendidikan dan pelatihan
Menurut
Minner (1992) menyebut bahwa pendidikan lebih terkait dengan tujuan-tujuan yang
bersifat individual dan tidak terkait langsung dengan tujuan organisasi,
sedangkan pelatihan pada dasarnya berhubungan dengan peran khusus individu
dalam organisasi. Pelatihan ditunjukkan untuk membantu individu agar berhasil
menampilkan kinerjanya dalam suatu pekerjaan tertentu dan berawal dari
kebutuhan dalam suatu pekerjaan yang akan di lakukan. Jadi, pendidikan lebih
mengarah pada pengetahuan dan terkait dengan kehidupan pribadi ,sedangkan
pelatihan mengarah pada keterampilan seseorang.
C. Tujuan
Pendidikan dan Pelatihan
Pendidikan
dan pelatihan bertujuan untuk dapat memecahkan masalah-masalah perilaku dalam
organisasi yang meliputi masalah pengetahuan, keterampilan, motivasi,sikap
serta meningkatkan kopetensi para pesertanya terkait dengan tugas-tugas dan
pekerjaan yang akan di pertanggung jawabkan kepada mereka. Menurut pasal 9
Undang-undang ketenagakerjaan tahun 2003, pendidikan dan pelatihan kerja di
selenggarakan dan diarahkan untuk membekali, meningkatkan dan mengembangkan kopetensi
kerja guna meningkatkan kemampuan, produktivitas dan kesejahteraan.
D. Prinsip-Prinsip Pendidikan dan Pelatihan
Beberapa prinsip-prinsip dalam pendidikan dan pelatihan antara
lain :
1. Perbedaan
individu
2. Analisis
jabatan
3. Motivasi
4. Partisipasi
aktif
5. Seleksi
peserta pelatihan
6. Seleksi
pengajar
7. Metode
pelatihan
8. Asas
belajar
E. Fungsi
Pendidikan dan Pelatihan
Fungsi Pendidikan dan
Pelatihan yaitu :
1. Memperbaiki
kinerja para peserta.
2. Mempersiapkan
promosi ketenagakerjaan pada jabatan yang lebih rumit dan sulit.
3. Mempersiapkan
tenaga kerja pada jabatan yang lebih tinggi yaitu tingkatan kepengawasan.
4. Dapat
membantu karyawan membuat keputusan yang lebih baik.
5. Meningkatkan
kemampuan di bidang kerjanya sehingga dapat menambah rasa percaya diri.
6. Sebagai
proses penumbuhan intelektualitas sehingga kecemasan menghadapi perubahan di
masa-masa mendatang dapat di kurangi.
F. Manfaat
pendidikan dan pelatihan
Manfaat pendidikan dan
pelatihan dapat dikelompokkan menjadi :
1. Manfaat
dari organisasi
a. Peningkatan
produktivitas kerja organisasi sebagai keseluruhan antara lain karena tidak
terjadinya pemborosan tetapi kecermatan melaksanakan tugas.
b. Terwujudnya
hubungan yang akrab antara atasan dan bawaan yang saling menghargai dan adanya
kesempatan bagi bawahan untuk berfikir dan bertindak secara baik.
c. Terjadinya
proses pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat.
d. Meningkatkan
semangat kerja keseluruhan pegawai dalam organisasi dengan komitmen organisasi
yang lebih tinggi.
e. Mendorong
sikap keterbukaan manajemen, penerapan gaya pengurus yang partisipatif.
f. Memperlancar
komunikasi.
g. penyelesaiaan
konflik secara kekeluargaan dikalangan para anggota organisasi.
2. Manfaat
Bagi Individu
a. Menolong
para pegawai membuat keputusan dengan baik.
b. Meningkatkan
kemampuan para pegawai menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapinya.
c. Timbulnya
dorongan di dalam diri para pegawai untuk terus meningkatkan kemampuan
kerjanya.
d. Peningkatan
kemampuan pegawai untuk mengatasi konflik yang pada gilirannya memperbesar rasa
percaya diri.
e. Tersedianya
informasi tentang berbagai program yang dapat dimanfaatkan oleh para pegawai.
f. Meningkatkan
kepuasan kerja
g. Semakin
besarnya tekat pegawai untuk lebih mandiri.
h. Mengurangi
ketakutan menghadapi tugas-tugas baru di masa depan.
3. Manfaat
Bagi Kelompok Kerja
a. Terjadinya
proses komunikasi yang baik.
b. Ketaatan
semua pihak terhadap berbagai ketentuan yang bersifat normal, berlaku umum, dan
di tetapkan oleh pemerintah yang berwenang maupun yang berlaku khusus
dilingkungan seluruh pegawai.
c. Terjadinya
iklim yang baik bagi pertumbuhan seluruh pegawai.
d. Menjadikan
organisasi sebagai tempat yang lebih menyenangkan untuk berkarya.
G. Jenis-Jenis
Pendidikan Dan Pelatihan
Adapun jenis-jenis
pendidikan dan pelatihan antara lain:
1. Diklat
kepemimpinan
Diklat
kepemimpinan adalah diklat dengan sasaran utama untuk meningkatkan karir guna
memangku suatu jabatan fungsi atau pangkat tertentu secara bertahap dan
meningkatkan keterampilan manajemen kepemimpinan serta kemampuan menciptakan
metode-metode baru.
2. Diklat
Fungsional
Diklat
fungsional adalah diklat yang ditunjukkan untuk menunjang mengembangkan keahlian
atau keterampilan kerja dan dititik beratkan pada perubahan pola kerja, dan
cara kerja.
3. Diklat
Teknis
Diklat
teknis merupakan persyaratan kopetensi teknis yang diperlukan untuk pelaksanaan
tugas pegawai atau karyawan.
H. Pendidikan
Untuk Semua
CIVIL
SOCIETY OGANIZATIONS initiative EDUCATION for ALL
(CSOiEFA) adalah organisasi sipil
yang peduli akan pentingnya pendidikan untuk semua, terutama untuk perempuan
dan anak-anak perempuan lebih dari 40 tahun yang lalu, bangsa-bangsa di dunia,
berbicara melalui Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, menegaskan bahwa : “
setiap orang memiliki hak untuk pendidikan “.
Meskipun
Negara-negara di seluruh dunia untuk menjamin hak pendidikan untuk semua,
tetapi masih saja di temukan kendala.Pada tanggal 5-9 Maret 1990 di Jomtien
Thailand, 115 negara dan 150 organisasi saling bertemu dan menegadakan
Konferensi Dunia membahas EDUCATION FOR
ALL ( EFA)atau Pendidikan Untuk Semua ( PUS).
Dalam
rangka mewujudkan tujuan tersebut, perlu koalisi yang luas dari pemerintah
nasional, masyarakat sipil kelompok, dan lembaga pembangunan seperti UNESCO dan
Bank Dunia. Mereka berkomitmen untuk mencapai enam tujuan pendidikan yaitu :
1. Memperluas
dan meningkatkan perawatan anak usia dini terutama bagi anak-anak yang kurang
beruntung.
2. Memastikan
bahwa pada 2015 semua anak, khusunya anak perempuan, yang dalam keadaan
sulit,dan mereka yang termasuk etnik minoritas, memiliki akses lengkap dan
bebas ke wajib pendidikan dasar yang berkualitas baik.
3. Memastikan
bahwa kebutuhan belajar semua pemuda dan dewasa di penuhi melalui akses yang
adil untuk pembelajaran yang tepat dan program keterampilan hidup.
4. Mencapai
50% peningkatan dalam orang dewasa pada tahun 2015, khususnya bagi perempua,
dan akses ke pendidikan dasar dan pendidikan berkelanjutan bagi semua orang
dewasa secara adil.
5. Menghilangkan
perbedaan pada pendidikan dasar dan menegah pada tahun 2005, dan mencapai
kesetaraan dalam pendidikan dengan tahun 2015, dengan fokus pada perempuan
bahwa mereka dipastikan mendapat akses penuh dan samakedalam pendidikan dasar
dengan kualitas yang bai.
6. Meningkatkan
semua aspek kualitas pendidikan dan menjamin keunggulan semua sehingga diakui
dan diukur hasil pembelajaran yang dicapai oleh semua, khususnya dalam
kehidupan.
Pendidikan Untuk Semua di Indonesia
Indonesia
telah mengalami kemajuan dibidang pendidikan dasar dalam 20 tahun terakhir ini.
Terbukti rasio bersih anak usia 7-12 tahun yang bersekolah mencapai 94%. Tetapi
indonesia tetap belum berhasil memberikan jaminan hak atas pendidikan bagi
semua anak. Apalagi, masih banyak masalah yang harus dihadapi, masalah tersebut
antara lain :
1. Anak
yang putus sekolah diperkirakan masih ada dua juta anak.
2. Kualifikasi
guru yang masih kurang.
3. Metode
pengajaran yang tidak efektif yaitu masih berorientasi kepada guru dan anak
didik tidak beri kesempatan memahami sendiri.
4. Manajemen
sekolah yang buruk.
5. Kurangnya
keterlibatan masyarakat.
6. Kurangnya
akses pengembangan dan pembelajaran usia dini bagi sebagian besar anak usia 3
sampai 6 tahun terutama anak-anak yang tinggal di pedalaman dan pedesaan.
7. anggaran
dari pemerintah daerah dan pusat yang tidak memadai.
8. Biaya
pendidikan yang tinggi.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pendidikan dan
pelatihan merupakan proses sistematis untuk meningkatkan, pengembangan,dan membentuk pegawai mempelajari
pengetahuan, keterampilan,kemampuan, atau perilaku terhadap tujuan pribadi dan
organisasi sehingga tercipta sumber daya manusia yang berkualitas.
B. Saran
1. Materi
yang diberikan pada saat pendidikan dan pelatihan harus sesuai dengan tujuan
organisasi, sehingga masalah-masalah pekerjaan tidak ada lagi.
2. Parapeserta
yang mengikuti pendidikan dan pelatihan diharapkan mampu menunjukkan perilaku
yang baik sesuai dengan perilaku yang diharapkan oleh organisasi.
DAFTAR PUSTAKA
Irwandi
Hutban.2013.Pendidikan dan Pelatihan
Muchlisin
Riadi.2012.Perbedaan Pendidikan dan Pelatihan
Casino Site 2021 – Play at the Online Casino That Will Bring
BalasHapusWe'll provide information and information 안전 카지노 사이트 about the top casino sites and brands on the internet for you to consider. In this article, you will see what they are, and we'll
Borgata Hotel Casino & Spa Archives | DRMCD
BalasHapusBorgata Hotel Casino & Spa 구리 출장안마 (formerly Borgata Hotel 포항 출장안마 Casino & Spa) 창원 출장마사지 in Atlantic City 여수 출장안마 is a global leader in MGM Resorts logo | MGM Resorts. 천안 출장샵